Pengamatan satwa liar: Praktik terbaik

Pengamatan satwa liar: Praktik terbaik

Pengamatan satwa liar: Praktik terbaik – Sejak awal pandemi, orang-orang lebih sering keluar ke alam. Tidak mengherankan karena, terlepas dari semua pembatasan dalam kehidupan kita sehari-hari, masih relatif mudah untuk menikmati manfaat dari alam bebas. Popularitas pengamatan satwa liar dan fotografi alam juga meningkat.

Pengamatan satwa liar: Praktik terbaik

wildrye – Meskipun tidak ada manual universal untuk menghormati alam, berikut adalah lima prinsip yang perlu diingat.

1. Kesadaran

Melansir sepaq, Alam bukan milik siapa-siapa. Mengamati satwa liar di habitat aslinya bukanlah hak yang melekat; itu adalah hak istimewa, kesempatan unik, momen yang dipinjam. Mengamati hewan liar berarti menikmati hubungan yang intim dengan alam. Artinya, lokasi spesies tertentu harus selalu dirahasiakan, terutama jika spesies itu langka, terlebih lagi jika terancam atau hampir punah, untuk menghindari kerumunan yang dapat mengganggu keintiman ini.

Baca juga : Mengamati Burung Dan Definisi Birding, Gears, Manfaat dan Tips

2. Diam

Keheningan adalah yang terpenting, apakah Anda sedang bergerak atau hanya mengamati. Berteriak untuk menarik perhatian seekor binatang, menirukan kicau burung untuk menarik perhatian seekor burung, atau menirukan panggilan binatang untuk mendapatkan suatu perilaku sehingga Anda dapat mengamati atau memotret seekor binatang tidaklah baik. Kenapa tidak? Karena ketika Anda mengganggu seekor binatang, Anda mengalihkan perhatiannya, membuatnya (dan anak-anaknya) lebih rentan terhadap bahaya. Anda juga dapat menyebabkan hewan tersebut mengeluarkan energinya secara sia-sia dengan menanggapi panggilan Anda atau bergerak untuk mencari sumber suara. Keheningan memberi Anda keuntungan tambahan, tidak hanya dalam menghormati satwa liar, tetapi juga meningkatkan peluang Anda untuk melihat seekor binatang, untuk waktu yang lebih lama dan dengan cara yang lebih bermakna.

3. Lingkungan

Tidak ada penampakan atau foto satwa liar yang layak untuk merusak lingkungan. Saat berada di alam, cobalah untuk menciptakan dampak sesedikit mungkin. Jika ada hambatan visual yang menghalangi Anda untuk mendapatkan tampilan yang bagus, terima saja faktanya tanpa mengambil tindakan apa pun yang mungkin merusak atau mengubah situs. Jangan khawatir, peluang yang lebih baik pasti akan muncul dengan sendirinya. Dan tentu saja, jangan pernah meninggalkan limbah apa pun.

Di beberapa tempat, termasuk di taman nasional Qu├ębec, dilarang keluar jalur. Ini untuk melindungi zona di mana vegetasi rapuh atau dalam proses regenerasi. Sektor-sektor ini mungkin juga terlarang untuk melindungi area bersarang, berkembang biak, beristirahat, atau memberi makan spesies tertentu. Dengan membiarkan alam beregenerasi, Anda membantu menjaga keseimbangannya.

4. Zona Aman

Untuk mengamati satwa liar dengan cara yang memuaskan dan etis, sangat penting untuk menjaga zona nyaman dan aman antara Anda dan hewan. Teropong dan lensa telefoto adalah alat penting untuk menciptakan jarak fisik ini. Mereka memungkinkan Anda untuk mengamati satwa liar secara diam-diam, sambil menawarkan pandangan sekilas yang jauh lebih bermanfaat tentang perilaku alami hewan.

Hal lain yang perlu diingat adalah bahwa hewan yang merasa terancam atau terjebak dapat berperilaku tidak terduga dan agresif, bahkan berbahaya. Beberapa hewan mungkin juga lebih rentan, karena mereka memiliki mekanisme pertahanan yang terbatas. Menangani spesies ini (amfibi dan reptil, misalnya) atau memajang foto mereka dapat menyebabkan stres yang sangat besar pada hewan.

Terlepas dari spesiesnya, jika hewan itu melarikan diri, itu karena merasa tidak nyaman atau terancam. Dalam hal ini, tidak ada upaya lebih lanjut yang harus dilakukan untuk mendekatinya. Jika Anda memaksa seekor hewan untuk mengeluarkan energinya dengan mengejarnya, Anda menghilangkan cadangan yang dibutuhkannya untuk berburu, memberi makan, atau melindungi anak-anaknya. Stres yang ditimbulkan pada hewan dapat membuatnya lebih rentan dan menempatkannya dalam bahaya. Hal ini juga dapat memacu hewan untuk memindahkan bayinya, dan kadang-kadang bahkan meninggalkan mereka sama sekali. Selama musim kawin, lebih penting untuk menghormati prinsip ini, dan tetap berhati-hati di dekat sarang dan sarang.

5. Memberi makan

ini berdampak negatif bagi mereka. Setiap spesies memiliki kebutuhan nutrisinya sendiri, yang bervariasi tergantung pada musim, iklim, dan cara hidup mereka. Hewan diperlengkapi untuk menemukan semua yang mereka butuhkan di alam. Dan faktanya, beberapa makanan yang mungkin tergoda untuk diberikan kepada mereka tidak cocok: tidak hanya mengubah perilaku alami hewan, mereka juga dapat menyebabkan kekurangan gizi, penyakit, dan bahkan kematian.

Salah satu dampak dari memberi makan hewan adalah pembiasaan, yang dapat menyebabkan ketergantungan pada manusia, yaitu hewan secara bertahap kehilangan naluri dan kemampuan bertahan hidup, dan mulai mengasosiasikan manusia dengan makanan. Kewaspadaan alami mereka menurun, dan bahkan mungkin hilang sama sekali, meningkatkan keterpaparan mereka terhadap bahaya. Hal ini dapat mendorong hewan untuk berkeliaran lebih dekat ke kota dan kota, dan melakukan perjalanan di jalan, menyebabkan peningkatan keberadaan satwa liar di daerah perkotaan. Hasilnya adalah risiko tabrakan dan kecelakaan fatal yang lebih tinggi, serta peningkatan pertemuan dengan spesies tertentu yang tidak terduga, mengancam, invasif, atau merusak. Ada juga risiko tambahan penyebaran penyakit dan kelebihan penduduk. Dalam banyak kasus, hewan-hewan ini akhirnya harus ditangkap.

Dalam skala kecil, beberapa perilaku manusia di alam mungkin tampak tidak menyinggung dan tidak penting. Tetapi ketika diulangi setiap hari oleh ribuan orang, efek kumulatifnya bisa sangat merusak lingkungan. Rahasia untuk mengoptimalkan manfaat alam dan meningkatkan peluang Anda untuk melihat satwa liar yang menakjubkan adalah dengan menerapkan sikap hormat dan sensitif.

Previous post Hobi Buruk Yang Melibatkan Hewan Dan Alam
Next post Mengapa Anda Harus Mempertimbangkan Mengamati Burung sebagai Hobi Favorit Baru Anda